PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKN DALAM BENTUK SMART SPINNER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SIMBOL – SIMBOL PANCASILA UNTUK SISWA KELAS 4 SDN 2 SUMBERMULYA
Kata Kunci:
Smart Spinner, Minat BelajarAbstrak
Pengembangan media pembelajaran Smart Spinner mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini didasarkan pada kenyataan bahwa mayoritas guru guru yang kurang bervariasi dalam menggunakan media pembelajaran di kelas, sehingga pembelajaran terkesan monoton.. Permasalahan hadir tatkala siswa mulai jenuh dan merasa monoton jika hanya terfokus pada gambar yang ada di buku dikarenakan sifatnya hanya satu arah. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini berupa media berbasis visual yaitu smart spinner yang terbuat dari bahan sederhana berupa triplek, kertas warna dan beberapa gambar yang ditujukan sebagai penguat materi. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan jenis ADDIE atau sering disebut research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil pengembangan tunjukan dengan lembar angket yang telah dibagikan kepada siswa, berdasarkan angket tersebut siswa merasa sangat senang dan tertarik melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran seperti media spinner salah satunya. Hal ini berarti media smart spinner dapat meningkatkan minat belajar siswa.