RAGAM BAHASA GAME ONLINE, POPULER PLAYER MOBILE LEGENDS DALAM KAJIAN SOSIOLINGUISTIK TEORI INTERAKSIONALISME SIMBOLIK
Kata Kunci:
Ragam bahasa, kajian sosiolinguistik, Interaksionalisme simbolik, game onlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa pada komunitas ragam bahasa
game online, populer player Mobile Legends dalam kajian sosiolinguistik menurut teori
interaksionalisme simbolik yang digunakan oleh pemain. Di Lemabang Rt 25 Rw 05 di kecamatan 3
ilir palembang. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Subyek pada penelitian
ini ada lima orang yakni ( WD), (Ptrikk),(Winx),(Cici cute),(SBP). Teknik analisis data yaitu
mengguankan teknik observasi, wawancara, rekam, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
ragam bahasa game di indonesia memiliki 3 bentuk bahasa, yaitu : berupa frasa, berupa kata, berupa
abreviasi. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan ragam bahasa game yaitu : faktor
kontak bahasa, faktor kebiasaan, faktor kepraktisan berbahasa.
This research aims to describe language use in online game language communities, popular Mobile
Legends players in sociolinguistic studies according to the theory of symbolic interactionism used by
players. In Lemabang Rt 25 Rw 05 in sub-district 3 Ilir Palembang. This research method uses
qualitative methods. The subjects in this research were five people, namely (WD), (Ptrikk), (Winx),
(Cici cute), (SBP). The data analysis technique uses observation, interviews, recording,
documentation techniques. The results of the research show that the variety of game languages in
Indonesia has 3 forms of language, namely: in the form of phrases, in the form of words, in the form
of abbreviations. The factors that influence the use of various game languages are: language contact
factors, habit factors, language practicality factors.