INOVASI DESAIN PEMBELAJARAN BIPA: STRATEGI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING

Penulis

  • Kamilatu Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

BIPA, Desain Pembelajaran, Game-Based Learning, Inovasi, Kompetensi Berbahasa, Penutur Asing

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi inovasi desain pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) melalui penggunaan metode Game-Based Learning (GBL) sebagai strategi kreatif. Integrasi teknologi dalam GBL, seperti penggunaan platform ”Wordwall” dan permainan kartu Uno dengan unsur Bahasa Indonesia, membantu menciptakan lingkungan belajar yang modern dan menarik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia bagi penutur asing dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan berbagai sumber dari penelitian terdahulu berupa artikel, jurnal, skripsi serta sumber lainnya seperti hasil wawancara dari pengajar BIPA di salah satu universitas yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GBL secara signifikan meningkatkan keterlibatan penutur asing, motivasi belajar serta pemahaman kosakata dan struktur kalimat. GBL menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung keterlibatan aktif penutur asing, sehingga mempermudah mereka dalam menguasai bahasa Indonesia. Penelitian ini menyarankan pengembangan lebih lanjut dan variasi metode permainan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran BIPA di berbagai konteks pendidikan Internasional.

This study explores the innovation of Indonesian learning design for Foreign Speakers (BIPA) through the use of the Game-Based Learning (GBL) method as a creative strategy. The integration of technology in GBL, such as the use of the "Wordwall" platform and the Uno card game with Indonesian elements, helps to create a modern and engaging learning environment. The main purpose of this study is to improve Indonesian language competence for foreign speakers by using an interactive and engaging learning approach. The research method used is a literature study by collecting various sources from previous research in the form of articles, journals, theses and other sources such as the results of interviews from BIPA lecturers at one of the universities relevant to the research topic. The results showed that the implementation of GBL significantly increased the involvement of foreign speakers, learning motivation and understanding of vocabulary and sentence structure. GBL creates a fun learning environment and supports the active involvement of foreign speakers, making it easier for them to master the Indonesian language. This study suggests further development and variety of game methods to improve the effectiveness of BIPA learning in various international educational contexts.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30